Panen Perdana Bawang Merah di Kawasan Food Estate - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung

Pengajuan Rekomendasi Kegiatan Statistik oleh Instansi Pemerintah dapat Dilakukan Melalui : https://romantik.web.bps.go.id

Konsultasi Terkait Statistik Dapat Dilakukan Melalui: https://silastik.bps.go.id

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu Dapat Dilakukan Melalui: Email bps3323@bps.go.id dengan Subjek "Permintaan Data", WhatsApp di Nomor: 0898-8029-320, dan Akses ke https://pst.bps.go.id

Panen Perdana Bawang Merah di Kawasan Food Estate

Panen Perdana Bawang Merah di Kawasan Food Estate

20 Januari 2022 | Kegiatan Statistik


Kamis, 20 Januari 2022 Kepala BPS Kabupaten Temanggung Bapak Haryono menghadiri  acara panen perdana bawang merah di kawasan food estate (lumbung pangan) di kawasan Embung Bansari.
Panen perdana bawang merah varietas batu hijau program food estate yang berada di lereng Gunung Sindoro, Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI, Ibu Retno Sri Hartati, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Distanbun Provinsi Jawa Tengah, Itjen Kementan, BPSB, Polbangtan, Bappeda Temanggung, Dinkopdag, Off Taker (PT. SBE dan CV Sudah Ada),  Camat  Bansari dan PPL lokasi food estate, serta petani bawang merah.
Sesuai keterangan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Joko Budi Nuryanto, program food estate di Kabupaten Temanggung seluas 339 hektare, dengan komoditas bawang merah, bawang putih, cabai dan kentang. Sementara komoditas bawang merah di lokasi food estate seluas 137 hektare dan di Kecamatan Bansari ada 97 hektar.
Dari hasil ubinan panen perdana ini hasil produksi bawang merah mencapai 15,7 ton/ha bawang merah basah dengan daun atau  setara 9,42 ton/ha tanpa daun.
Sekretaris Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI, Ibu Retno Sri Hartati juga mengatakan bahwa hasil panen petani ini langsung diambil off taker atau pembeli CV Sudah Ada dan PT Semangat Bersama Enterpreneurship (SBE). Jadi petani ada jaminan, pada saat panen sudah ada pembeli dan harga kontrak sebelumnya.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung (Statistics Of Temanggung Regency)Jl. Suwandi Suwardi Temanggung 56229 Jawa Tengah Indonesia

Telp (0293) 491149 Faks (0293) 491149

Mailbox : bps3323@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik