Pelatihan Petugas Pendataan Potensi Desa (PODES) 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung

Pengajuan Rekomendasi Kegiatan Statistik oleh Instansi Pemerintah dapat Dilakukan Melalui : https://romantik.web.bps.go.id

Konsultasi Terkait Statistik Dapat Dilakukan Melalui: https://silastik.bps.go.id

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu Dapat Dilakukan Melalui: Email bps3323@bps.go.id dengan Subjek "Permintaan Data", WhatsApp di Nomor: 0898-8029-320, dan Akses ke https://pst.bps.go.id

Pelatihan Petugas Pendataan Potensi Desa (PODES) 2024

Pelatihan Petugas Pendataan Potensi Desa (PODES) 2024

24 April 2024 | Kegiatan Statistik


Hai #SahabatStatistik
BPS Kabupaten Temanggung telah melaksanakan Pelatihan Petugas Pendataan Potensi Desa (PODES) 2024 sejak tanggal 22 s.d 24 April 2024.  Pelatihan ini dilakukan dengan metode hybrid, yaitu melalui Zoom Meeting yang dilaksanakan 1 gelombang pada tanggal 22-23 April, dan dengan metode tatap muka langsung yang dilaksanakan pada tanggal 24 April 2024.
Pembukaan melalui zoom meeting di buka langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Temanggung, Haryono. Pelatihan ini dibagi 3 kelas yang diampu oleh instruktur daerah Ibu Suratni, Ibu Nurul Fajri dan Bapak Triyono Aristanto.
Pendataan Potensi Desa (PODES) merupakan pendataan terhadap ketersediaan infrastruktur dan potensi yang dimiliki oleh setiap wilayah administrasi setingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
Potensi Desa (Podes) adalah pendataan lengkap satu-satunya setingkat desa yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Podes 2024 akan menghasilkan data bagi keperluan pembangunan wilayah, ketersediaan infrastruktur/fasilitas, serta kondisi sosial-ekonomi di setiap desa/kelurahan. Salah satu indikator dari Podes yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan adalah Indeks Kesulitan Geografis. Partisipasi aktif dari pemerintah daerah, baik tingkat desa/ kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/ kota, akan sangat diperlukan dalam proses pendataan Podes 2024. Partisipasi tersebut akan membuat data Podes 2024 lebih valid dan bermanfaat bagi pembangunan. 
Dalam arahannya, Haryono menghimbau kepada Tim PODES agar mampu menyusun strategi pengawalan kualitas data Podes.  Selain itu Haryono juga menghimbau agar seluruh petugas menjaga kelengkapan cakupan isian dan konsistensi data keberadaan infrastruktur untuk mendukung penghitungan indikator pembangunan desa, pengawas lapangan harus memeriksa isian pada aplikasi dengan rinci dan teliti agar kualitas data dapat terjaga. 

#podes2024
#cintadata
#bpskabupatentemanggung
@bpsprovjateng
@bps_statistics
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung (Statistics Of Temanggung Regency)Jl. Suwandi Suwardi Temanggung 56229 Jawa Tengah Indonesia

Telp (0293) 491149 Faks (0293) 491149

Mailbox : bps3323@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik